Aksi 313 Diperkirakan akan Diikuti Sekitar 4 Juta Orang

(Massa Aksi 112 di Istiqlal, 11 Februari 2017)

[PORTAL-ISLAM] JAKARTA -- Sekitar empat juta orang diperkirakan akan ikut serta pada aksi 313 yang akan dipusatkan di Istiqlal, Jakarta Pusat, besok Jumat (31/3/2017). Aksi tersebut akan digelar dengan aksi ibadah dan gelar sajadah.

“Mudah-mudahan sampai empat juta. Kita aksi super damai, menegakkan keadilan,” kata anggota Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Novel Bamukmin alias Habib Novel saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (29/3).

Menurut Novel, penyelenggara aksi 313 adalah Forum Ulama Indonesia (FUI) dan ormas Islam seluruh Indonesia. Ia berharap, semua peserta nanti bisa turut Shalat Jumat berjamaah dan memakai atributnya masing-masing.

Tuntutan aksi 313 sama dengan aksi sebelumnya. Umat Islam meminta terdakwa penista agama untuk ditahan dan tidak beraktifitas bebas. Novel menjelaskan, jadwal aksi yang akan digelar kali ini sifatnya kondisonal.

“Kalau misal peserta aksi lebih dari empat juta, diperkirakan tidak akan bergerak ke tempat lain. Seperti 411 kemarin, dengan jumlah empat juta orang Shalat Jumat sudah otomatis mengular sampai ke depan Istana,” kata Novel.

Adapun, jika peserta aksi kurang dari empat juta, dipastikan akan bergerak ke depan Istana untuk menyampaikan tuntutan. Ia berharap, pemerintah bisa menanggapi aksi 313 dengan serius.

Sumber: Republika