Soal KPK dan Polri Grebek Rumah Anies Baswedan, Mabes Polri: Itu HOAX!

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul

[PORTAL-ISLAM]  Pagi ini, Sabtu 25 Februari 2017, tersiar kabar tak mengenakkan dari calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pasalnya dalam pemberitaan yang beredar disebutkan bahwa pukul 10.00 WIB tadi, Polri bersama KPK menggerebek rumah Anies karena diduga ‎Anies tersandung korupsi dana Frankfrut Book Fair pada 14-18 Oktober 2015 di Jerman.

Masih menurut pemberitaan media itu, peristiwa terjadi kala Anies ‎menjabat sebagai Mendikbud dan diduga ia menghambur-hamburkan anggaran negara hingga 10 juta Euro.

Menanggapi isu miring tersebut, Kabag Penum Mabes Polri, Kombes, Martinus Sitompul menyatakan bahwa pemberitaan terkait Polri dan KPK menggerebek rumah Anies Baswedan tidak benar atau hoax.

"Sehubungan dengan pemberitaan di media online soal penggerebekan, ‎berita tersebut tidak benar atau bohong (hoax) karena tidak ada kegiatan penggerebekan oleh Polri," ujarnya, Sabtu, 25 Februari 2017.

Selain itu, diungkapkan Martinus pemberitaan tersebut juga‎ tidak menganut prinsip keseimbangan, di mana tidak ada penjelasan dari pihak terkait.

"Diharapkan manajemen berita online tersebut dapat bertanggungjawab dalam memberikan informasi ke publik sesuai kode etik jurnalistik," katanya.