Inilah 3 Syarat Agar Umat Islam Bisa Bangkit


[PORTAL-ISLAM] Islam tidak pernah runtuh dan tidak akan pernah runtuh. Karena Allah yang menurunkan dan akan senantiasa menjaganya, tapi yang akan runtuh dan bisa bangkit lagi adalah umat Islam itu sendiri. Demikian salah satu isi tausiyah yang disampaikan Ustad Zeyd Bahmid, ketua Majelis Dakwah Al-Irsyad pusat di Masjid Al-Ikhlas Al-Irsyad, Karawang, Ahad, 26 Februari 2017.

Menurut Ustad Bahmid, di antara penyebab runtuhnya umat Islam adalah karena mereka jauh dari ajaran Islam dan berfirqoh-firqoh. Selain itu, mereka merasa firqohnya yang paling benar.

“Lihat sejarah kaum Tsamud yang dijungkirbalikkan oleh Allah. Lihat bagaimana perjuangan Muhammad Al-Fatih. Lihat bagaimana kejayaan dan keruntuhan Islam di Spanyol. Lihat bagaimana pengkhianatan Kemal Attatruk terhadap Islam dan proses kematiannya,” jelasnya.

Menurutnya, itu adalah gambaran peristiwa sejarah yang menunjukkan bahwa umat Islam bisa runtuh dan bisa bangkit. Setidaknya ada 3 syarat umat Islam bisa bangkit, yaitu ta’muruuna bilma’ruuf, tanhauna ‘anil munkar, dan tu’minuuna billaah. Insya Allah aksi 411, 212, 112 menjadi awal dari kebangkitan umat Islam.
Baca juga :