Fahira Idris: STOP Klaim Jakarta Bebas Banjir


[PORTAL-ISLAM]  Anggota DPD asal Jakarta, Fahira Idris meminta Pemprov DKI Jakarta mengambil langkah serius guna menangani di sejumlah titik. Di sisi lain, Fahira menilai
normalisasi sungai tidak menjadikan Jakarta terbebas dari banjir.

Oleh karenanya, Fahira meminta Pemprov DKI menghentikan klaim-klaim yang menyatakan bahwa hujan tidak akan membuat Jakarta banjir.

"Banjir yang sekarang terjadi, karena Pemprov DKI menganggap normalisasi sungai sudah dianggap sebuah pekerjaan besar dan luar biasa, sehingga diklaim mampu menjadikan Jakarta bebas banjir," kata Fahira saat dihubungi, di Jakarta, Rabu, 22 Februari 2017.

Menurt Fahira, penyebab utama banjir bukan karena warga yang tinggal di pinggir sungai sehingga harus digusur. Tetapi, lanjut dia, diakibatkan bertemunya berbagai faktor penyebab.

"Banjir di Jakarta karena faktor alih fungsi daerah resapan yang ada di Jakarta menjadi pusat-pusat komersil, alih fungsi hutan bakau di pesisir Jakarta menjadi perumahan mewah. Selanjutnya laju penurunan tanah di Jakarta yang semakin cepat, buruknya sistem dan manajemen pengelolaan dan pemantauan saluran air," pungkasnya.