Inilah 5 Tuntutan BEM Se-Indonesia Kepada Jokowi-JK


[PORTAL-ISLAM]  Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia, hari ini, Kamis 12 Januari 2017, akan melakukan unjuk rasa di 19 titik di wilayah Indonesia, tak terkecuali di Ibu Kota Jakarta. Diperkirakan, ada sebanyak 750 mahasiswa yang akan turun ke jalan melakukan unjuk rasa di Jakarta.

“Betul akan ada aksi dari BEM SI di depan Istana Negara hari ini,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Para mahasiwa itu menamakan aksi mereka tersebut sebagai unjuk rasa bela rakyat 121. Setidaknya, ada lima tuntutan yang akan mereka sampaikan ke pemerintah, yaitu:

1. Menolak dengan tegas PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan tarif atas jenis PNBP dan menuntut Presiden Jokowi-Jusuf Kalla untuk mencabut PP tersebut.

2. Menuntut Presiden Jokowi-JK untuk membuat kebijakan yang pro terhadap rakyat.

3. Mengecam keras pemerintah dan jajarannya yang saling cuci tangan dengan kebijakan yang dibuatnya.

4. Menuntut pemerintah untuk transparansi dan sosialisasi dalam setiap menentukan suatu kebijakan.

5. Menolak kenaikan tarif listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900 VA.

Mereka yang akan melakukan aksi di depan Istana Negara hari ini merupakan gabungan BEM Se-Jabodetabek. Sebelum menggelar aksi di depan Istana Negara, mereka akan terlebih dahulu berkumpul di kawasan Patung Kuda Indosat.

Dari data yang berhasil dihimpun, aksi 121 yang mereka lakukan hari ini merupakan bentuk kekecewaan akibat kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dikarenakan dampak dari kenaikan berbagai macam bahan kebutuhan pokok oleh pemerintah, seperti kenaikan harga cabai dan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dirasa sangat membebani kehidupan masyarakat luas.

Sumber: VivaNews

Baca juga :