Jejak Islam di Eropa: Bantuan Turki Utsmani Saat Kelaparan Melanda Irlandia


JEJAK ISLAM DI EROPA: BANTUAN KELAPARAN UNTUK IRLANDIA

Dunia tak akan lupa dengan kejadian ‘The Great Irish Famine’, sebuah bencana hebat, kelaparan dahsyat yang melanda Irlandia sepanjang tahun 1845, yang mengakibatkan kematian lebih dari satu juta orang. Salah satu negara yang akhirnya tergerak membantu kelaparan adalah Kekhilafahan Islam, Negara Islam Turki Utsmani melalui Sultan Abdulmajid menyatakan niatnya untuk mengirim 10.000 sterling kepada para petani Irlandia, tapi Ratu Inggris hanya meminta agar Sultan mengirim 1000 sterling.

Ternyata Sultan tak hanya mengirim 1.000 sterling tetapi juga diam-diam mengirim 3 kapal penuh makanan. Pengadilan Inggris dikabarkan telah mencegah kapal-kapal Negara Islam memasuki pelabuhan dari Cork City dan Belfast, tetapi mereka akhirnya berhasil berlabuh diam-diam di pelabuhan kecil Drogheda dan memberikan makanan.


Peimipin Irlandia akhirnya mengirim surat berikut dengan ucapan syukur kepada Khalifah Negara Islam Turki Utsmani:

"Kami para bangsawan, tuan-tuan dan penduduk Irlandia ingin mengekspresikan terima dan terima kasih atas bantuan murah hati Sultan Turki Utsmani."

"Karena bencana kelangkaan. Hal ini tidak dapat dihindari bagi kita untuk menarik bantuan dari negara-negara lain untuk diselamatkan dari ancaman abadi kematian dan kelaparan. Kemurahan hati Sultan untuk memenuhi panggilan bantuan ini menampilkan contoh untuk Eropa Serikat. Masyarakat merasa lega dan diselamatkan dari kebinasaan melalui tindakan ini yang sangat tepat waktu. Kami mengucapkan terima kasih atas nama mereka dan berharap bahwa Sultan Turki Utsmani dan kekuasaannya akan diselamatkan dari penderitaan yang menimpa kita."

Pada tahun 1853, pendeta Kristen Rev. Henry Natal menulis sebagai berikut tentang insiden tersebut dan tentang Sultan Abdulmajid, Khalifah negara Islam:

“… Selama tahun kelaparan di Irlandia, Sultan mendengar penderitaan yang ada di negara bahagian; ia segera menyampaikan kepada Duta Besar Inggris keinginannya untuk membantu dalam bantuan nya, dan ditenderkan untuk tujuan sejumlah besar uang..”

Pada kunjungan oleh mantan Presiden Irlandia, Mary McAleese ke Turki, dia membuat pernyataan selama pertemuan dengan koleganya dari Turki, ia mengungkapkan kata-kata terima kasih dari orang-orang Irlandia untuk bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Kekhalifahan Utsmani.

Hari ini, sebuah klub sepak bola Irlandia bernama Drogheda United FC menggunakan logo sabit dan bintang Utsmani dalam peringatan bantuan Turki Utsmani yang disampaikan ke kotanya.


The Westcourt Hotel yang terletak di sebelah ruang di mana pelaut Utsmani dikatakan tinggal di sana setelah memberikan makanan ke kota, menampilkan sebuah plakat yang menyatakan:

“The Great Irish Famine 1847 – Untuk mengenang dan pengakuan atas kemurahan hati Rakyat Turki terhadap orang Irlandia.”


Kekhalifahan Islam Turki Utsmani sendiri berlangsung lebih dari 600 tahun dan menguasai wilayah geografis yang luas termasuk Palestina, Irak dan Suriah, melanjutkan suksesi negara-negara Islam dari zaman Nabi Muhammad (saw). Dan sejarah menjadi saksi keadilan dan kemanusiaan yang ditemukan dalam kekhalifahan. Khalifah akan memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial masyarakat – yang baik Muslim dan non Muslim – dan memungkinkan pendidikan, ilmu pengetahuan dan seni untuk berkembang. Begitulah sejarah mengajarkan…

Sumber: ilmfeed.com/Alhikmah.co


Baca juga :